Penyebab Broken Link (Tautan Rusak) Di Website Serta Cara Mengatasinya

Sekarang membuat website bisa dibilang sangat mudah, ditambah dengan hadirnya beberapa situs yang umumnya membahas tentang cara membuat website hingga memposting artikel. Situs tersebut bisa anda jadikan sebagai Pemandu dalam membangun blog, salah satunya situs Struktur Kode. Dan untuk bagian sulitnya adalah menjaga blog dari Spam serta Broken Link.

Komentar spam mudah diketahui, cukup dengan melihat dari cara mereka memberikan komentar. Contohnya, pengunjung mengirim komentar yang tidak nyambung dengan tema pembahasan atau malah mempromosikan situs dan produk, bahkan ada juga pengunjung yang menaruh link terbuka secara langsung. Untuk mengatasinya, anda tinggal membuang komentar tersebut dengan memblokirnya.

Broken Link Atau Tautan Rusak

Berbeda dengan Komentar Spam, Broken Link cukup sulit untuk dicari. Karna untuk mengetahuinya, kita harus mengecek semua artikel dan menu di website satu persatu. Apabila dikerjakan secara manual, jelas akan membuat pekerjaan anda lebih sulit. Supaya lebih mudah, anda tinggal membaca artikel ini sampai selesai.

Lalu faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya Broken Link di Website?

Penyebab Broken Link

Broken link merupakan sebuah tautan yang telah mengalami kerusakan atau tidak bisa dikunjungi lagi. Walaupun masih bisa diakses, dihalaman tersebut tidak ada konten dan file apapun, disana hanya terdapat tulisan (404/Page Not Found).

Biasanya tautan menjadi rusak disebabkan karna adanya pergantian alamat domain website dan permalink artikel. Pelakunya bisa datang dari orang lain maupun anda sendiri, Misalnya:

  • Anda memberikan Backlink kepada situs orang lain yang alamat domainnya (www.contoh.com), namun tidak lama kemudian si pemiliki blog tersebut mengganti alamat domain situsnya menjadi (www.example.com).
  • Nah, disitulah Backlink yang telah anda berikan untuk situs itu akan menjadi Rusak atau istilahnya Broken Link.
  • Kedua, anda membuat Tautan Internal di suatu halaman, contohnya (www.contoh.com/cara-mengetahui-link-rusak). Setelah itu anda berniat menganti permalinknya menjadi singkat seperti ini (www.contoh.com/link-rusak). Maka dihalaman yang anda tempatkan Tautan Internal, maka akan bernasib sama seperti kejadian diatas.

Bukan hanya itu saja, Tautan Rusak juga sering terjadi pada website tema Download. Umumnnya terjadi karna File tersebut melanggar peraturan ataupun sudah kadaluarsa, sehingga berkas ini akan dihilangkan. Jika sudah begitu, otomatis Link Download ini sudah bisa dikatakan sebagai link rusak karna tidak ada file apapun saat dikunjungi.

Cara Mencari Broken Link di Website

Mengetahu arti dan cara mengatasi Broken Link adalah hal yang paling penting jika anda berniat untuk membangun website secara professional. Alasanya tidak terlalu banyak, namun ini menjadi salah satu penyebab turunnya visitor situs.

Mengapa demikian? bayangkan saja, disaat anda ingin mengunduh file atau mengakses halaman yang anda anggap penting, tapi malah dialihkan kehalaman 404 atau Halaman tidak ditemukan. Bila menemukan yang seperti itu, apakah anda tidak kesal? yang jelas pasti kesal, begitupun dengan pengunjung situs anda.

Akibat dari kejadian itulah yang membuat pengunjung tidak ingin mengunjungi situs anda lagi, bila sudah seperti itu, bisa dipastikan visitor blog anda akan menurun secara drastis.

Oleh karena itu, dibawah ini saya telah memberi saran situs yang bisa digunakan untuk mencari broken link serta cara mengatasinya.

Situs Penyedia Fitur Cek Broken Link:

  1. Dead Link Checker
  2. Broken Link Check
  3. Dr Link Check
  4. SmallSeoTools
  5. Hexo Meter
  6. Ahref

Gunakan salah satu situs diatas untuk mencari Link Rusak. Situs yang saya tandai warna merah adalah situs yang akan kita gunakan dalam tutorial kali ini. Baiklah langsung saja perhatikan tutorialnya dibawah ini.

  • Tekan tulisan yang saya berikan warna merah diatas.
  • Masukkan alamat Situs Anda, dan tekan tombol Find Broken Links
Cara Mencari Broken Link di Website
  • Masukkan juga kode keamanan atau Security Code, kemudian klik Find Broken Links Now!
Cara Mencari Broken Link di Website
  • Jika sudah, tunggu beberapa saat hingga semua Link Rusaknya muncul. Nah, gambar berikut adalah contohnya:
Cara Mencari Broken Link di Website

Cara Mengatasi Broken Link di Website

Setelah berhasil mengikuti tutorial di atas, maka seluruh Tautan Rusak yang ada di website sudah kita ketahui. Sekarang tinggal cara mengatasinya, untuk itu perhatikan baik-baik tutorial berikut:


  • Pertama tekan text Url Src
Cara Mengatasi Broken Link di Website
  • Selanjutnya scroll ke atas sampai terlihat URL Sumber.
Cara Mengatasi Broken Link di Website
  • Berikutnya cari artikel yang memiliki permalink persis seperti diatas, kemudian edit artikelnya dan ganti atau hapus tautan rusak tersebut, lalu perbarui artikel anda.
Cara Mengatasi Broken Link di Website

Saya rasa semua tutorial tentang link rusak sudah selesai, dengan hadirnya tutorial ini semoga anda dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Jika anda punya kritik dan saran ataupun pertanyaan silahkan komentar dibawah ya!.

0 Response to "Penyebab Broken Link (Tautan Rusak) Di Website Serta Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel