Khusus Pemula! Cara Menjadi Youtuber Modal HP Android

Apakah bisa menjadi Youtuber modal HP? Tentu bisa, bahkan ada Ribuan Youtuber yang membuat dan mengunggah video menggunakan Ponsel Pintar. Diantara ribuan, ada yang sampai menghasilkan uang sampai jutaan Rupiah setiap bulannya. Salah satu contohnya adalah Kanal Youtube Arifandi Wahyu, ia telah mempunyai 301 Ribu Subscriber dan sukses mendapatkan Penghargaan Silver Play Button.

Berdasarkan perkiraan Social Blade, pendapatan Arifandi Wahyu mencapai $148 - $2.400 atau Rp 2.086.400 - 33.833.581 Perbulannya. Cukup besar bukan? Jadi tidak menutup kemungkinan, anda juga bisa menjadi youtuber dengan bermodalkan Smartphone.

Cara Menjadi Youtuber
Image Source: Freepik.com
Hari ini, tepatnya tanggal 28 November 2019, saya akan membagikan tips cara menjadi youtuber kepada anda. Mulai dari tutorial membuat channel sampai niche apa yang tepat untuk channel anda. Jika ingin lanjut, maka gulir layar hp anda kebawah sekarang juga, baca dan pahami, lalu ikuti tips dari saya ini.

Lalu apa persiapan pertamanya?

7 Cara Menjadi Youtuber Sukses Modal HP Android

Dari pertanyaan diatas, ada 7 persiapan yang harus anda siapkan lebih dulu sebelum menjadi youtuber. Untuk itu, dibawah ini saya akan menyebutkan persiapan apa saja yang perlu anda ketahui serta contohnya.

1. Buat Channel Youtube

Langkah pertama adalah membuat channel Youtube, dengan adanya kanal, anda bisa mengupload video dan mendapatkan Subscriber/Pelanggan. Bila sudah melewati tahap ini, bisa dikatakan anda sudah menjadi Youtuber. 

Proses pembuatan kanalnya tidak begitu sulit, pertama-tama anda harus mempunyai akun Google. Kemudian buka Aplikasi Youtube dan klik sign in, lalu masukkan Email dan Kata Sandi akun Google. Selanjutnya tekan icon kecil di pojok kanan atas, pilih fitur "Channel Anda". Terakhir isi Nama Depan dan Belakang, setelah itu Tekan tombol Buat Channel.

Jika terlalu sulit, silahkan tonton video berikut:



2. Tentukan Niche Channel

Menentukan niche atau tema video dalam channel anda adalah bagian paling penting, tanpa niche, mungkin channel anda akan terlihat berantakan atau tidak beraturan. Sebaiknya pilih niche yang anda kuasai atau yang disukai, pikirkan lebih dulu dibidang mana keahlian anda.

Misalnya jago dibidang editing gambar, disini anda bisa membuat tutorial dasar sampai yang tersulit di Photoshop. Atau anda hobi mencari uang di internet, bisa juga buat video panduan untuk pemula jika ingin menghasilkan uang secara online.

Dan satu lagi, ini berdasarkan pengalaman saya sendiri. Niche yang paling banyak menghasilkan penonton dan subscriber adalah video tentang Aplikasi yang bisa menghasilkan uang, APN Tercepat, serta Config Internet.

Apalagi channel anda sudah dimonetize, ketiga niche tersebut memiliki cpc tinggi, sehingga anda mempunyai kesempatan untuk meraih penghasilan setiap bulannya.

3. Unduh Aplikasi Perekam Layar HP

Aplikasi Perekam Layar HP wajib anda miliki jika ingin menjadi youtuber, karna disaat membuat video melalui ponsel, pastinya kita akan membutuhkan aplikasi tersebut. Namun jangan asal memilih, pilih yang bisa merekam layar plus suara, supaya penonton semakin tertarik dengan videonya, hingga membuatnya ingin berlangganan dengan channel anda.

Untuk itu, saya akan menyarankan kepada anda untuk mengunduhnya di Playstore. Gunakan kata kunci "Az Screen Recorder atau Mobizen", karena kedua app ini mudah disetting dan digunakan. Kualitas video yang dihasilkan pun cukup jernih, paling tinggi 1080P dan yang terendah 240P.

Atau unduh yang biasa saya gunakan juga bisa, tapi tidak bisa ditemui di Playstore, melainkan harus dicari melalui Chrome. Caranya tulis kata kunci "Screen Recorder Pro Apkmonk".

4. Rekam Layar Smarthpone

Apabila langkah satu, dua, dan tiga sudah selesai. Segeralah buka aplikasi perekam layar dan buat video yang anda kuasai, namun jangan lupakan bagian paling penting. Sebelum melakukan proses perekaman, atur aplikasi Screen Recodernya dulu. Misalnya mengatur tampilan wajah, suara, Kualitas, dan Resolusi video.

Jika terjadi kesalahan saat proses perekaman video atau mengalami gangguan jaringan internet, silahkan hentikan rekaman layarnya dan segera buat video baru lagi. Hal ini harus anda terapkan sejak dini, supaya konten yang anda hasilkan berkualitas, sehingga membuat penonton betah mengunjungi channel anda kembali.

5. Buat Video Lebih Menarik

Membuat video menarik tidak cukup hanya dengan berbicara dan menampilkan wajah anda, melainkan videonya harus dibumbui dengan Backsound dan Background. Tujuannya agar penonton lebih santai saat sedang menikmati konten anda, alhasil jam tayang channel anda akan naik drastis.

Setelah Subscriber, jam tayang merupakan bagian terpenting kedua jika anda ingin memonetisasi Channel. Dengan membuat video menarik, maka otomatis Jam tayang channel akan terpenuhi dengan cepat.

Untuk itu, saya akan membantu anda dalam membuat video kerennya. Bantuan dari saya hanya saran aplikasi edit video youtube untuk anda, aplikasi yang biasa saya gunakan adalah Video Editor For Youtube. Cara Pengeditannya anda tidak perlu khawatir, karena saya berani menjamin, tidak sampai satu hari anda sudah bisa mengedit sendiri menggunakan app ini.

6. Siapkan Thumbnail Video

Selain kualitas video, Thumbnail juga berperan penting untuk mengundang minat penonton. Mengapa bisa seperti itu? Sekilas, Thumbnail juga hampir sama dengan judul, dengan adanya kedua bagian tersebut, pengguna youtube dapat mengetahui tentang pembahasan dan isi video anda.

Jadi, jangan anggap remeh mengenai Thumbnail. Sebelum membuat, alangkah baiknya mencari contoh di Google maupun di channel orang lain. Dan jangan lupa tanyakan juga kepada teman anda, bagaimana pendapat mereka tentang gambar tersebut, apakah keren atau tidak?

Sekarang tutorial membuat thumbnail youtube sudah banyak bertebaran di internet, apalagi kebanyakan tutorialnya menggunakan Android. Tentu ini menjadi keuntungan untuk anda yang menjadi youtuber modal hp.

Contoh aplikasi edit thumbnail youtube yang saya sarankan adalah Thumbnail Maker, selain itu saya juga pengguna tetap aplikasi ini. Alasannya mudah digunakan serta sudah tersedia beberapa font, background, dan fitur keren lainnya.

7. Upload Video ke Youtube

Langkah terakhir upload video ke youtube. Proses pertama adalah membuat judul, buatlah judul semenarik mungkin. Usahakan judul sama dengan isi video anda, agar penonton tidak kecewa saat mengunjungi videonya. Selain itu, isi juga Deskripsi yang mudah dibaca dan dimengerti.

Agar video anda mudah ditemukan, jangan lupa riset keyword lebih dulu. Biasanya ini disebut dengan optimasi video, ada banyak hal yang masuk dalam optimasi. Seperti Judul, Thumbnail, Deskripsi, dan keyword video.

Untuk mendapatkan banyak penonton, anda bisa mencoba untuk mempromosikan videonya melalui Google Ads, Facebook Ads, dan banyak lagi. Namun, semuanya rata-rata harus mengeluarkan dana dari kita. Apabila ingin yang gratis, silahkan bagikan secara manual di semua Grup media sosial anda.

Kesimpulan

Semua yang telah saya sebutkan diatas, mulai dari nomor satu sampai tujuh adalah faktor penting yang harus dilakukan supaya anda sukses menjadi youtuber hanya dengan modal Smartphone.

Setiap tulisan saya dalam artikel ini harap jangan dianggap Remeh, karna setiap tahapnya pasti anda akan menemukan kesulitan. Meski mudah dibicarakan, namun sulit disaat mempraktekkannya.

Intinya saat anda mengalami kegagalan, jangan menyerah, terus buat video walaupun penonton dan subscribernya sedikit. Untuk memantau kemajuan channelnya, anda bisa menggunakan Aplikasi Youtube Studio. Disana anda bisa melihat Jam Tayang, Jumlah Tontonan, dan Subscriber.

Demikian artikel saya tentang cara menjadi Youtuber modal Hp, semoga bermanfaat untuk anda semuanya. Jika punya kritik, saran, dan pertanyaan silahkan tulis dikomentar ya!

0 Response to "Khusus Pemula! Cara Menjadi Youtuber Modal HP Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel