4 Cara Optimasi Gambar Postingan di Blogger

Menerapkan SEO pada Artikel saja tidak cukup, gambar postingan juga harus di Optimasi dengan SEO agar mudah ditemukan di Google Searh Image. Sebagai seorang blogger, anda pasti tahu kalau GI ini juga dapat mendatangkan trafik untuk website. Bila anda masih awam mendengar hal ini, cobalah untuk membuka Google Search Console dan tekan Kinerja.

Disana nanti anda akan menemukan tulisan Jenis Penelusuran, Tekan tulisan itu dan pilih Gambar. Nah, disitulah akan terlihat "Jumlah Klik, Total Tayangan, CTR dan Posisi Rata-Rata". Pada bagian jumlah klik, bisa diartikan bahwa ada yang mengunjungi situs anda melalui Klik Gambar, sedangkan Tayangan hanya dilihat saja tanpa aksi apapun oleh pengguna GI.

Optimasi Gambar
Panduan Optimasi Gambar di Blogger
Dan Jika tayangannya lebih tinggi daripada klik, berarti gambar yang anda buat kurang menarik dan tidak relevan dengan kata kunci yang sedang dicari oleh pengguna. Oleh karena itu, buatlah gambar keren yang dapat mengundang klik, tapi bila anda tidak mempunyai ide tentang itu. Silahkan cari beberapa contoh gambar postingan di blog lain, tujuannya supaya muncul ide-ide baru untuk menciptakan gambar unik dan keren.

Apabila anda tidak tahu cara mengakses Jenis Penelusuran: Gambar di Google Search Console, nanti dibawah ini saya akan membagikan caranya. Namun sebelum itu, saya ingin membuat cara optimasi gambar di postingan Blogger lebih dulu. Berikut adalah caranya:

Panduan Optimasi Gambar di Blogger

Ada 4 cara sederhana yang akan saya bagikan kepada anda, agar gambarnya mengandung SEO dan mudah di temukan di Google Images. Mungkin tulisan saya berikut ini agak sudah dimengerti oleh anda, maka dari itu akan saya tambahkan tutorial kedua berupa gambar.

1. Ganti Nama File Gambar

Meski artikel kali ini tentang cara optimasi gambar, sebenarnya mengganti Nama File gambar ini sama persis dengan artikel saya sebelumnya yang membahas mengenai SEO Youtube. Hanya saja, didalam artikel tersebut filenya berupa video, sedangkan sekarang ini File Gambar.

Caranya cukup mudah kok. Setelah selesai membuat gambarnya, coba anda cek mana yang tidak pas lebih dulu. Baru setelah itu, menuju folder dan mengubah namanya. Tapi jangan asal-asalan dengan memasukkan semua judul artikel. Usahakan cukup 2 kata ataupun bisa lebih, asalkan Kata Kunci yang anda targetkan masuk kedalam nama file tersebut.

Contohnya sebagai berikut:
Optimasi Gambar

2. Kecilkan Ukuran Gambar

Ada banyak sekali cara merubah atau pun mengecilkan ukuran gambar, salah satunya adalah mengkompres file tersebut. Cara ini bisa dilakukan secara online maupun offline dengan menggunakan Aplikasi dan Software yang tersedia di Internet. Untuk cara yang paling simpel, anda dapat mencobanya secara online.

Dengan cara itu selain hemat kuota, kita juga tidak perlu repot-repot lagi mengunduh Software dan Aplikasinya.

Buat anda yang ingin mencoba, saya sarankan iLoveIMG. Karena kualitas yang dihasilkan tetap sama walaupun filenya sudah terkompres. Tapi kekurangannya, anda harus mengunduh ulang setelah ukuran gambarnya dikecilkan. Dan bila anda takut kuotanya tersedot, silahkan gunakan Aplikasi PNGGauntlet yang dimana filenya kurang dari 1 MB.

Sedikit penjelasan tentang PNGGauntlet ini, kegunaan software tersebut sebenarnya bukan untuk mengkompres, melainkan mengubah Format File dari JPEG ke PNG. Sehingga, ukuran File gambar menjadi lebih kecil atau hemat 30 sampai 70%. Bukan hanya hemat saja, Perangkat Lunak buatan Benjamin Hollis ini juga mudah diaplikasikan oleh siapapun.

Caranya:

  • Jalankan Softwarenya.
  • Tekan Add Images.
  • Setelah itu klik Optimize.
  • Terakhir tunggu sampai selesai.

Note: PNGGauntlet hanya untuk Laptop & Komputer.

3. Tambahkan Title & Alt Text Gambar

Selesai mengikuti panduan optimasi gambar pada nomor 1-2, selanjutnya kita optimasi bagian dalamnya. Bagian dalam yang dimaksud adalah di Platform Blogger sendiri, karna langkah 3 sampai 4 ini merupakan penentu berhasilnya tutorial kali ini.

Cara dari Nomor Satu sampai Dua bukan hanya bisa dipraktekkan untuk Blogger, tapi bisa juga untuk anda Pengguna Wordpress, yang membedakannya cuma waktu mengoptimasi bagian dalamnnya saja. Ataupun mungkin tetap sama, karena jujur saja saya sendiri belum pernah sama sekali mencoba Wordpress.

Cara Menambah Title & Alt Text:

  • Pertama-tama upload gambar ke dalam artikel yang mau di Publish.
  • Selanjutnya tekan gambar tersebut.
  • Kemudian klik "Properties" yang letaknya disamping Remove.
Optimasi Gambar
  • Berikutnya tambahkan Judul Artikel di kolom "Title Text" dan tambahkan juga Kata Kunci di "Alt Text". Terakhir anda simpan dengan menekan "Oke".
Optimasi Gambar

Title dan Alt Text ini bisa dikatakan sebagai kata kunci untuk gambar, dengan memanfaatkan fitur tersebut, gambar Postingan anda jadi lebih mudah ditemukan di Google Images. manfaatnya seperti yang saya bilang di awal artikel, yaitu bisa menambah Trafik Blog.

4. Tambahkan Caption Pada Gambar

Sering sekali kita meremehkan Fungsi Caption pada Gambar, termasuk saya sendiri yang jarang menggunakan Fitur tersebut. Padahal semua fitur yang disediakan Blogger mempunyai keistimewaan masing-masing. Misalnya Fitur Caption, kegunaan fitur tersebut untuk mempermudah Google mengenali arti dari gambar yang anda upload di setiap postingan.

Sehingga gambarnya memiliki kesempatan untuk mendapat rangking pertama di Google Images yang tentunya mampu mendatangkan Trafik Organik, meskipun artikelnya belum berhasil memasuki halaman pertama Google.

Lalu bagaimana cara menambahkan Caption Pada Gambar? Caranya tidak terlalu sulit, bisa dibilang sama persis dengan Fitur Properties. Meski begitu, kemungkinan ada beberapa dari teman kita yang belum mengerti. Oleh karena itu, dibawah ini saya telah membuat tutorialnya lengkap dengan Foto.

Berikut adalah caranya:

  • Langkah pertama tekan pada gambar yang telah diupload.
  • Lalu klik Add Caption disamping Properties.
Optimasi Gambar
  • Selanjutnya tulis Caption sesuai dengan yang anda inginkan.
Optimasi Gambar
  • Jangan lupa ganti ukuran fontnya dari Small ke Normal agar tulisan Captionnya bisa dibaca lebih jelas, karna jika ukurannya small cenderung susah untuk dibaca.

Seluruh tutorial diatas dapat anda praktekkan melalui Komputer maupun Smartphone, jadi anda tidak perlu bertanya apakah bisa lewat HP atau tidak. Keempat tutorial Cara Optimasi gambar ini telah selesai, namun sebaiknya anda jangan menutup website ini dulu, karna setelah ini saya akan membagikan tutorial yang saya telah janjikan pada awal artikel.

Cara Melihat Jumlah Klik Gambar di Google Search Console

Untuk menepati janji saya, maka akan saya buatkan cara mengakses Jenis Penelusuran Gambar di Google Search Console. Selain tutorialnya, saya akan menunjukkan bukti bahwa panduan yang saya beri ini bukan hanya omongan kosong belaka atau menipu. Artikel kali ini murni dari hasil yang telah saya praktekan sendiri, dan hasilnya memang benar-benar bekerja.

Baiklah, langsung saja perhatikan tutorial berikut:

  • Buka Google Search Console.
  • kemudian Klik tombol "Kinerja".
Jumlah Penelusuran Gambar
  • Selanjutnya Tekan "Jenis Penelusuran: Web".
Jumlah Penelusuran Gambar
  • Lalu dibagian Filter pilih "Gambar".
Jumlah Penelusuran Gambar
  • Nah, sudah selesai. Tampilan akhirnya nanti akan terlihat seperti gambar berikut ini:
Jumlah Penelusuran Gambar

Bukti Hasil Praktek:

Pada tutorial diatas Sudah jelas menunjukkan Total Klik 129 dan Total Tayangan 90,5 Ribu. Berarti gambar yang saya posting secara keseluruhan hanya menghasilkan 129 Pengunjung, sedangkan tayangannya mencapai 90 Ribu. Padahal kata kuncinya yang saya terapkan sudah pas, lalu kenapa bisa seperti itu?
Jawabannya gambar yang saya buat kurang menarik. Karenanya Klik yang dihasilkan sangat rendah, oleh sebab itu saya menganjurkan kepada anda untuk membuat gambar sebagus mungkin agar ada yang mau menekannya.

Untuk mengetahui gambar mana saja yang masuk ke halaman pertama Google Images, silahkan ketik kata kunci (Shortlink Terbaik, Aplikasi VPN Terbaik, Daftar Judul Episode Boruto, SEO Youtube 2020, dan Penyebab Broken Link).

0 Response to "4 Cara Optimasi Gambar Postingan di Blogger"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel