Panduan Lengkap Cara Optimasi SEO YouTube Terbaru 2020

Sebagai youtuber, apa yang akan anda lakukan supaya mendapatkan banyak Penonton? Tentunya melakukan promosi bukan? Baik itu melalui Google Ads, Facebook Ads, dan membagikan secara manual di Sosial Media. Namun perlu anda ketahui, cara tersebut hanya berlaku untuk sementara, dan apabila saldo Ads telah habis, maka viewers akan berkurang secara perlahan-lahan.

Ini tergantung dari video yang anda berikan untuk penonton, apakah konten tersebut bagus atau tidak, jika kontenya berkualitas dan dapat membuat pengunjung bahagia, maka otomatis mereka akan kembali lagi dan menjadi pelanggan setia channel anda.

Dibalik semua itu, Ada satu cara lagi yang paling ampuh untuk mendatangkan banyak penonton dan subscriber tanpa mengeluarkan uang, yakni membuat video berkualitas dan mengoptimasinya dengan SEO. Dengan mengikuti metode tersebut, saya yakin video anda akan menempati urutan pertama dalam pencarian youtube.

Optimasi SEO Youtube Terbaru 2020

Dengan banyaknya persaingan dari tahun ke tahun, mengandalkan SEO dan Video berkualitas adalah langkah paling tepat untuk mengalahkan kompetitor atau saingan anda. Memang kalau berbicara tentang seo ini, pasti banyak yang belum mengerti, apalagi untuk anda yang baru bergabung dengan Youtube.

Lalu SEO apa saja yang harus dilakukan supaya video kita menempati halaman pertama pencarian, serta bisa bersaing dengan kompetitor? Berdasarkan pengalaman saya sendiri, untuk menempati halaman pertama youtube, anda perlu mengoptimasi (Video, Thumbnail, Judul, Deskripsi, dan Keyword).

Setelah mengetahui mengenai optimasi Video sampai Keyword, seterusnya anda tinggal belajar cara mengoptimasi seonya. Untuk caranya tentu sangat mudah, karena saya akan memberikan panduan lengkapnya kepada anda.

Cara Optimasi SEO Youtube Agar Masuk Halaman Pertama

Berikut adalah Cara Optimasi SEO Youtube di tahun 2020:

  1. Unggah Video Berkualitas
  2. Gunakan Thumbnail Keren
  3. Buat Judul yang Menarik
    1. Tulis Deskripsi yang unik
    2. Riset Kata Kunci

    Nah, itulah kelima poin yang perlu dilakukan agar video anda menempati posisi teratas di Youtube. Namun apabila anda tidak mengetahui caranya, maka video yang anda upload tidak akan bisa menduduki peringkat pertama di pencarian. Oleh karena itu, diperlukan trik dan beberapa tools serta cara mengoptimasinya.

    1. Unggah Video Berkualitas

    Sebelum membuat struktur artikel ini, sebenarnya saya sedikit kesulitan dalam mempertimbangkannya, mana lebih dulu yang akan saya bahas, mengenai penempatan "Video Berkualitas atau Judul Menarik" pada Nomor Satu (1). Setelah saya pikir-pikir judul adalah bagian yang paling penting untuk mengundang orang agar menonton video anda.

    Namun, setelah saya renungkan lagi, ternyata ada yang salah dengan pemikiran tersebut. Karena dengan judul menarik saja tidak dapat membuat penonton puas, apabila video yang anda sajikan tidak berkualias. Maka dari itulah, "Unggah Video Berkualitas" saya tempatkan di Nomor Satu.

    Video berkualitas bukan hanya dilihat dari resolusinya saja, melainkan konten yang anda buat haruslah mudah dipahami oleh penonton. Menurut saya sendiri video berkualitas itu memiliiki (Suara yang Jernih, Membahas suatu topik sampai ke akar-akarnya, Pembahasannya menarik dan mudah dipahami).

    Selain itu, didalam videonya anda harus menyebutkan Kata Kunci suatu topik yang sedang anda bahas agar videonya mengandung unsur SEO. Misalnya: video tentang Bisnis

    Kita beri saja judulnya "10 Bisnis Online Rumahan Tanpa Modal" dan anda menargetkan kata kuncinya "Bisnis Online Rumahan", jadi nanti disaat membuat videonya, anda harus menyebutkan kata kunci tersebut. Contohnya pada (Awal, Tengah, dan Akhir Video).

    Dan jangan lupa juga mengubah nama berkas videonya, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.
    Optimasi SEO Nama Video Youtube
    Optimasi Nama Video

    2. Gunakan Thumbnail Keren

    Jika anda sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul "Cara Menjadi Youtuber Hanya Dengan Modal HP", maka bisa dipastikan ada sudah mengerti kegunaan dari Thumbnail ini. Jika belum, akan saya jelaskan kepada anda mengenai Thumbnail ini dan seberapa pentingkah dia.

    Saya ulangi seperti artikel sebelumnya. Sekilas Thumbnail memiliki fungsi sama persis dengan judul, yakni dapat memberitahukan kepada penonton tentang isi Video anda. Karena itulah, gambar video haruslah jelas dan mudah dipahami saat pengguna youtube melihatnya.

    Disini pada gambar, saya akan memberikan sedikit tips agar tampilannya keren dan mengandung SEO. Kita ambil lagi contoh judul pada nomor pertama, yakni tentang bisnis. Berikut adalah ilustrasi thumbnailnya:

    Thumbnail SEO Youtube
    Optimasi Thumbnail Youtube
    Usahakan untuk menulis teks judul ataupun kata kunci dalam thumbnailnya, seperti contoh yang saya berikan pada gambar diatas. 

    3. Buat Judul yang Menarik

    Membuat judul asal-asalan tidak efektif untuk youtuber pemula, kecuali anda sudah mempunyai banyak Subscriber/Pelanggan. Katakan saja seperti Reza Arap Oktovian yang sekarang ini, ia membuat judul yang sangat singkat dan tidak jelas, misalnya: "Baru bangun...", meski judulnya seperti itu, setiap video yang dia upload selalu mendapatkan banyak tontonan.

    Sebetulnya kita juga bisa seperti dia, asalkan kita mempunyai banyak subscriber dan berani menghamburkan uang untuk mengiklankan video. Tapi, seperti yang sudah katakan di awal artikel, itu hanya bersifat sementara, dan tidak lama kemudian viewersnya akan turun apabila saldonya mulai sedikit.

    Lalu apakah kita bisa membuat Judul SEO dan menarik minat orang untuk menonton video kita? Tentu bisa, dibawah ini saya akan membagikan caranya, mulai dari mencari judul SEO hingga membuatnya agar terlihat lebih menarik.

    • Tips Pertama Buka Youtube.
    • Lalu tulis sedikit kata kunci di kolom telusuri.
    • Misalnya saya akan menulis "Cara Memulai Bisnis Online".
    • Setelah itu, akan muncul beberapa baris kata kunci yang disarankan langsung oleh Youtube. Artinya, Tulisan tersebut banyak dicari oleh pengguna Youtube.
    • Kemudian Screenshot Saran Kata kuncinya.
    • Nah, disini kita berhenti dulu, karena kita akan memulai mengatur judul yang tepat.

    Judul Video SEO Youtube
    Optimasi Judul Video
    Sekarang kita tentukan judul videonya, ambil beberapa kata dalam gambar yang telah anda screenshot. Contohnya, saya akan mengambil kata "Tanpa Modal", berarti judulnya akan berubah menjadi "Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal".

    Kenapa saya ambil paling atas? Karena, paling atas itu adalah judul yang paling banyak dicari orang. Sebagai orang indonesia, kita pasti mengerti bagaimana sikap orang negara kita. Pastinya jika ingin membangun bisnis pertama, kita tidak ingin mengeluarkan dana alias Tanpa Modal. Jadi masuk akal, kalau "kata" tersebut banyak dicari pengguna youtube.

    Kemudian kita akan mencari lagi, untuk siapa video ini dibuat dan apa keuntungan yang akan diihasilkan bila menjalankan "Bisnis Online Tanpa Modal". Disini saya akan mencoba cari tahu mengenai yang "Dihasilkan".

    Caranya cukup mudah, silahkan ulangi langkah diatas. Akan tetapi, ubahlah sedikit kata kuncinya, namun tetap mengandung kata yang pertama.

    Judul Video SEO Youtube #2
    Optimasi Judul Video #2
    Pertanyaan apa yang akan "dihasilkan" telah saya temukan, pada gambar diatas terlihat jelas ada kata "Untung Besar". Nah, jadi jawaban dari menjalankan bisnis tanpa modal adalah untuk mendapatkan keuntungan besar. Maka judulnya akan saya tambahkan lagi menjadi "Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal dengan Untung Besar".

    4. Tulis Deskripsi yang Unik

    Apa manfaat Deskripsi youtube? Manfaat deskripsi adalah untuk menyampaikan suatu pembahasan secara lengkap dalam bentuk tulisan, biasanya kata-kata yang dimasukkan dalam Deskripsi lebih jelas dan detil dibandingkan dalam video. Misalnya web berita seperti Tribunnews yang selalu update berita terbaru di youtube dengan durasi video 1-4 menit.

    Dan jika semua berita lengkapnya disampaikan langsung dalam video, tentunya akan memakan waktu lebih banyak lagi. Karenanya ditulislah berita tersebut dalam deskripsi secara lengkap, dan terperinci.

    Untuk youtuber, isi deskripsinya sedikit berbeda dari Channel Berita. Memang itu sudah benar, rata-rata dari mereka memasukkan sedikit informasi tentang video yang sedang dibahas, serta tidak lupa menempatkan Alamat Contact Bisnis, seperti Email dan Nomor Telepon, tujuannya agar mereka bisa dihubungi saat ada yang ingin Bekerja sama.

    Tapi, tahukah anda? Deskripsi juga perlu dioptimasi, supaya video anda memiliki peluang besar untuk menempati halaman pertama Youtube dan Google. Caranya sangat sederhana, cukup tulis topik video anda atau bisa juga dengan memasukkan judul video dan jangan lupa tambahkan Tagar dalam deskripsinya. Contoh:

    Deskripsi Video SEO Youtube
    Optimasi Deskripsi Video

    5. Riset Kata Kunci Atau Keyword

    Sesudah mengoptimasi SEO "Video, Thumbnail, Judul, dan Deskripsi", sekarang saatnya kita menuju kebagian Kata Kunci. Singkatnya, Keyword atau kata kunci adalah satu bagian kata atau bahkan lebih, yang digunakan oleh banyak orang untuk mencari suatu konten di Youtube maupun Google.

    Di Google orang mencari artikel untuk mengetahui cara menyelesaikan masalah yang sedang mereka alami, sedangkan di youtube orang mencari video demi tujuan yang sama seperti di Google atau hanya buat menghibur diri.

    Oleh karena itu, buatlah video berkualitas yang dapat membantu banyak orang, dan riset kata kunci biar videonya mudah ditemukan. Lalu langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk meriset keyword? Sebenarnya cara riset kata kunci video youtube sudah banyak dibahas oleh situs lainnya, namun saya akan mengulang tutorialnya dengan lengkap.

    Dalam mencari kata kunci video, ada 3 cara yang bisa anda lakukan. Pertama bisa menggunakan tools gratis seperti web Keywordtools.io, kedua mengintip kata kunci kompetitor anda melalui aplikasi TubeBuddy, ketiga langsung cari kata kuncinya melalui youtube.

    Sebelum mencari kata kuncinya, mari sekarang kita targetkan dulu judulnya. Sebagai contohnya saya ambil judul pada nomor tiga (3), yakni "Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Dengan Untung Besar", dan kata kunci yang saya targetkan adalah "Bisnis Online".

    Berikut adalah cara riset keyword video youtube:

    • Langkah pertama tekan link berikut: https://keywordtool.io/youtube
    • Kemudian masukkan kata kuncinya, dan tekan Search/Cari
    • Selanjutnya scroll kebawah agar kata kuncinya terlihat
    • Berikutnya centang kotak kecil disamping kiri untuk menyalin keywordnya
    • Terakhir klik tulisan "Copy atau Salin"

    Kata kunci Youtube
    Cara Riset Keyword Youtube
    Sekarang kata kuncinya telah tersalin, maka selanjutnya anda tinggal memasukkannya kedalam kolom "Tag" yang telah disediakan Youtube.

    Kembali lagi pada saat meriset keyword, disana anda harus memilih kata kunci yang relevan dengan video dan judul, serta memahami nama-nama tabel yang ditampilkan. Disini saya akan mencoba menjelaskan kepada anda mengenai makna dari tabel tersebut.

    Penjelasan Fungsi Tabel Keywordtools io
    Tabel Keywordtools io
    • Search Volume: Jumlah pencarian sebuah kata kunci setiap Bulannya.
    • Trend: Pencarian sebuah kata kunci yang mengalami kenaikan setiap 12 bulan terakhir.
    • CPC (USD): Perkiraan harga sebuah kata kunci. Artinya seberapa mahal kata kunci tersebut, nantinya akan ditampilkan dibawah tabel dalam mata uang Dollar Amerika Serikat.
    • Competition: Tingkat Persaingan sebuah Kata Kunci. Jika keyword tersebut memiliki angka 70 - 100, berarti persaingannya ketat. Dan untuk mengetahuinya, anda tinggal melihat angka (0-100) dan tulisan (Low, Medium, High) dibawah tabel Competition.


    Tambahan Optimasi SEO Youtube

    Selain video, keyword pada channel juga perlu anda perhatikan. Apalagi niche channelnya cuma fokus pada satu jenis pembahasan, ini sangat cocok untuk mendongkrak kepopuleran channel dan video anda di pencarian Youtube. Alasannya? karena dengan itu anda bisa lebih mudah mengalahkan kompetitor yang memiliki channel Gado-gado atau videonya campuran.

    Maka dari itu, anda harus segera masukkan Keyword channel sesudah menentukan Tema Channel. Untuk caranya silahkan lihat kebawah ini.

    • Pertama buka Chrome, lalu aktifkan mode "Desktop" (Khusus Smartphone).
    • Selanjutnya kunjungi link berikut: https://www.youtube.com
    • Kemudian masuk kebagian Youtube Studio.
    • Jika sudah, scroll kebawah dan klik Icon Setelan.
    • Terakhir Tekan setelan Channel ➣ Masukkan Kata Kunci ➣ Simpan.

    Channel SEO Youtube
    Optimasi Channel Youtube
    Semua Panduan Cara Optimasi SEO Youtube telah saya bagikan kepada anda melalui artikel ini, semoga bermanfaat untuk anda semua. Jika punya Kritik, Saran, dan pertanyaan silahkan tulis di komentar ya!.

    0 Response to "Panduan Lengkap Cara Optimasi SEO YouTube Terbaru 2020"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel