Cara Cepat Menghapus Konten di Google Penelusuran

Apa gunanya sih, menghapus konten di Google Penelusuran? Padahal kita sudah susah payah membuatnya. Mulai dari mencari ide, menyusun kerangka artikel, hingga rela mengorbankan banyak waktu untuk menulisnya.

Mungkin salah satu alasan kita harus menghapusnya, karena konten tersebut tidak baik atau kurang menarik di mata pengunjung. Tetapi, itu tidak perlu dilakukan juga apabila anda mau memperbarui artikel bila di rasa sudah saatnya.

Fitur Penghapusan - Google Search Console
Cara Hapus Konten di Google Penelusuran
Namun, bagaimana jika anda seorang pemalas seperti saya ini? Membuat artikel agar terlihat Fresh lagi, mungkin sangat merepotkan bagi saya. Dan cenderung malas untuk memperbaruinya lagi.

Solusinya ya Hapus...

Begitulah kira-kira yang akan saya lakukan, jika artikelnya tidak bagus untuk dibaca serta sudah ketinggalan jaman. Nah, disini yang menjadi masalahnya. Setelah menghapus, konten itu tidak langsung hilang di Google Penelusuran, malah sampai seminggu masih tetap ada di Mesin Pencari.

Begitupun juga dengan gambar postingan, yang masih ada di Google Images. Pas pengunjung ingin melihat artikel itu, malah di alihkan ke halaman Error. Akibat dari kejadian tersebut, web kita terlihat buruk di mata Google maupun Pengunjung.

Lalu, cara yang mana paling tepat agar terhindar dari masalah tersebut? Benar nih, ingin tahu tutorialnya? Kalau iya, maka lanjutkan saja baca artikel ini.

Cara Hapus Konten Atau Artikel di Google Penelusuran

Kabar baiknya, di Google Search Console sudah tersedia yang namanya Fitur Penghapusan. Saya sendiri baru tahu hari ini, pas mau submit artikel baru. Itupun tanpa sengaja tertekan, dan waktu itu saya belum tau Fungsinya.

Ternyata, setelah membaca penberitahuan dari Google. Fungsi Fitur Penghapusan ialah untuk menghilangkan konten di Mesin Pencari Google secara cepat.

Selain itu, Fitur ini juga berfungsi untuk melihat konten yang mengandung Unsur Dewasa. Itu terjadi apabila ada yang melaporkannya, akan tetapi anda jangan khawatir jika tidak melakukan kesalahan.

Karna Google Sendiri memberitahukan agar segera melaporkan kesalahan tersebut bila anda merasa tidak melanggar peraturan.

Dan Jika Konten yang anda buat memang benar mengandung Unsur Dewasa, maka akan diberikan Tag sebagai Konten Khusus Dewasa.

Baiklah, langsung saja saya praktekkan cara menggunakan Fitur Penghapusan.

  • Pertama Login Google Search Console
  • Setelah itu, tekan garis tiga di pojok kanan atas.
Fitur Penghapusan - Google Search Console
  • Kemudian lihat di Bagian Indeks, dan pilih Fitur Penghapusan.
Fitur Penghapusan - Google Search Console

  • Selanjutnya klik Tombol Permintaan Baru yang berwarna merah.
Fitur Penghapusan - Google Search Console
  • Lalu masukkan URL Konten yang mau dihapus dan Tekan Berikutnya.
Fitur Penghapusan - Google Search Console
  • Terakhir klik Kirim Permintaan.
Fitur Penghapusan - Google Search Console

Panduan menghapus konten di Google Search sudah selesai, sekarang konten anda tidak akan terlihat lagi di Mesin Pencari. Namun di Mesin Pencari Lainnya, seperti Bing ataupun DuckDuckGo, artikel anda tetap akan terlihat.

Jika anda ingin membatalkan penghapusan artikel, silahkan tekan Garis Tiga yang dekat dengan tulisan Memproses Permintaan.

Baca Juga: 40+ Backlink Dofollow Berkualitas

By the way, ada informasi lagi nih.. Jangan ditutup dulu ya.

Setelah menggunakan fitur penghapusan, artikel anda tidak akan hilang secara permanen. Kontennya hanya disembunyikam untuk sementara dalam waktu 6 Bulan, bila waktunya sudah berakhir, maka konten tersebut akan muncul kembali.

Selebihnya, anda dapat membaca langsung pemberitahuan dari Google.


0 Response to "Cara Cepat Menghapus Konten di Google Penelusuran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel