Pengertian dan Manfaat Creative Commons Untuk Youtuber

Setiap hari selalu bergadang, entah apa yang merasuki saya. Hari ini menjelang pagi, telah timbul beberapa ide untuk membuat artikel baru. Setelah dipikir-pikir, akhirnya ketemu juga salah satu ide yang sangat cocok untuk dijadikan artikel.

Di postingan baru ini saya akan menjelaskan Pengertian Creative Commons serta manfaatnya untuk anda yang memiliki Profesi sebagai Youtuber. Mungkin sebagian dari anda sudah pernah dengar kata tersebut, atau sudah berulang kali melihatnya.

Creative Commons
Creative Commons
Tetapi ada kemungkinan juga anda belum mengetahui arti serta manfaatnya. Ketika anda menonton satu Video, tak lengkap rasanya kalau tidak membaca Deskripsi. Tujuannya tak lain ialah untuk mengetahui lebih jelas lagi tentang isi video tersebut.

Benar kan?

Jika anda membacanya sampai habis atau lebih jelasnya melihat sampai kebawah, pasti akan ada tulisan Creative Commons. Tapi tidak ada di semua video juga sih, cuma beberapa saja yang memberi Lisensi CC.

Nanti akan saya berikan contohnya, sekarang anda lanjutkan saja membaca artikelnya agar memahami arti dan manfaatnya. Dibawah ini saya akan mencoba untuk menjelaskan sebisa mungkin mengenai Creative Commons, namun ada sebagian yang saya ambil dari situs wikipedia.

Apa Itu Creative Commons?

Menurut wikipedia, Creative Commons adalah suatu organisasi nirlaba yang memfokuskan diri untuk memperluas cakupan karya kreatif yang tersedia untuk orang lain secara legal.

Setiap video yang memilili Lisensi CC, maka boleh digunakan ulang oleh siapapun. Anda sebagai Youtuber juga bisa ikut berpartisipasi untuk membuat video dengan memberi lisensi tersebut.

Contoh video Creative Commons,

Video Creative Commons

Link: https://youtu.be/etkGIK-OuUE

Namun, jika anda ingin menggunakan ulang atau menambah video yang memiliki Lisensi CC. Sebaiknya saya sarankan agar memberi nilai tambah dalam video tersebut. Supaya apa? Supaya terhindar dari beberapa masalah lainnya.

Arti dari Nilai tambah adalah menggabungkan video tersebut dengan video buatan anda sendiri atau istilahnya Original.

Apa Manfaat Creative Commons?

Untuk anda yang malas membuat video baru setiap harinya, jangan lakukan Reupload video orang lain. Kebanyakan Youtuber mengeluh kenapa Channelnya tidak bisa Dimonetisasi. Padahal Syaratnya sudah terpenuh, seperti syarat "1000 Subscriber, 4000 Jam Tayang, dan tidak ada satupun video yang terkena Copyright".

Ini yang salah. Tidak kena Copyright bukan berarti bisa Dimonetisasi, malah sebaliknya. Apalagi video yang anda ambil, terus di upload ulang tanpa mengeditnya.

Nah, sebaiknya segera tinggalkan kebiasan tersebut. Ada banyak video yang bisa diambil tanpa menimbulkan masalah, asalkan anda mengikuti saran yang telah saya sampaikan di atas, yakni memberi Nilai tambah didalam videonya agar bisa di uangkan.

Sesuai pertanyaan diatas, artinya manfaat dari video berlisensi Creative Commons adalah bisa digunakan ulang. Jadi daripada mencuri video lain tanpa memiliki Izin, alangkah baiknya anda mengambil Video yang memiliki Lisensi Izin seperti Creative Commons.

Itulah manfaatnya.

Bagaimana Cara Mencari Video Creative Commons?

Itumah gampang. Tanpa melakukan apa trik apapun anda bisa menemukannya, tetapi Kuota Internetnya menjadi lebih Boros. Karena harus rela mencari satu persatu video yang ada di Youtube.

Tetapi tahukah anda?

Seiring berjalannya waktu, Youtube berkembang dengan sangat pesat. Setiap tahunnya mereka berharap bisa mempermudah pengguna Aplikasi Youtube dalam mencari video yang diinginkan. Sehingga ada beberapa penambahan fitur baru, misalnya pada bagian "Filter Penelusuran".

Dengan menggunakan Filter Penelusuran, anda bisa menjaring video apa saja yang mengandung Lisensi Creative Commons. Tahu gak caranya? Coba jujur saja, kalau tidak tahu akan saya beri tutorialnya dibawah ini.

Yok intip tutorialnya,

  • Pertama buka aplikasi Youtube atau bisa juga websitenya.
  • Setelah itu ketuk icon pencarian, dan cari video yang ingin anda ambil.
  • Klik garis tiga dipojok kanan atas, dekat dengan icon "Mic".
Video Creative Comons
  • Pilih Creative Commons di samping Substitle/CC, lalu telan Terapkan.
Video Creative Commons
  • Terakhir Klik video yang anda inginkan, kemudian lihat di Deskripsi pada bagian paling Bawah. Nanti ada tulisan, "Boleh digunakan kembali".


Kesimpulan

Saya ingatkan lagi. Jangan asal upload video Creative Commons tanpa menggabungkan dengan video original anda, dan jangan lupa untuk menambahkan Link Video tersebut sebagai tanda terima kasih karena sudah menggunakan karya mereka.

Manfaatkan video Creative Commons sebaik mungkin.
Sekian artikel hari ini, semoga anda terbantu. Tolong bagikan jika anda merasa artikel ini bermanfaat, dan juga kirim Kritik dan Saran di komentat ya.

0 Response to "Pengertian dan Manfaat Creative Commons Untuk Youtuber"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel